CONTOH SKKD BAHASA INGGRIS
STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR
TINGKAT SD, MI,
DAN SDLB
Mata Pelajaran Bahasa Inggris untuk Sekolah Dasar (SD)/Madrasah
Ibtidaiyah (MI)
Latar
Belakang
Bahasa
memiliki peran sentral dalam perkembangan intelektual, sosial, dan emosional
peserta didik dan merupakan penunjang keberhasilan dalam mempelajari semua
bidang studi. Pembelajaran bahasa diharapkan membantu peserta didik mengenal
dirinya, budayanya, dan budaya orang lain. Selain itu, pembelajaran bahasa juga
membantu peserta didik mampu mengemukakan gagasan dan perasaan, berpartisipasi
dalam masyarakat, dan bahkan menemukan serta menggunakan kemampuan analitis dan
imaginatif yang ada dalam dirinya.
Bahasa
Inggris merupakan alat untuk berkomunikasi secara lisan dan tulis. Berkomunikasi
adalah memahami dan mengungkapkan informasi, pikiran, perasaan, dan
mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan budaya. Kemampuan berkomunikasi
dalam pengertian yang utuh adalah kemampuan berwacana, yakni kemampuan memahami
dan/atau menghasilkan teks lisan dan/atau tulis yang direalisasikan dalam empat
keterampilan berbahasa, yaitu mendengarkan, berbicara, membaca dan menulis.
Keempat keterampilan inilah yang digunakan untuk menanggapi atau menciptakan
wacana dalam kehidupan bermasyarakat. Oleh karena itu, mata pelajaran Bahasa
Inggris diarahkan untuk mengembangkan keterampilan-keterampilan tersebut agar
lulusan mampu berkomunikasi dan berwacana dalam bahasa Inggris pada tingkat
literasi tertentu.
Tingkat literasi mencakup performative, functional, informational, dan epistemic. Pada
tingkat performative, orang mampu membaca, menulis, mendengarkan, dan
berbicara dengan simbol-simbol yang digunakan. Pada tingkat functional,
orang mampu menggunakan bahasa untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari
seperti membaca surat kabar, manual atau petunjuk. Pada tingkat informational,
orang mampu mengakses pengetahuan dengan kemampuan berbahasa, sedangkan pada
tingkat epistemic orang mampu mengungkapkan pengetahuan ke dalam bahasa
sasaran (Wells,1987).
Sehubungan
dengan hal tersebut, perlu ditetapkan standar kompetensi bahasa Inggris bagi
SD/MI yang menyelenggarakan mata pelajaran Bahasa Inggris sebagai muatan lokal.
Kompetensi lulusan SD/MI tersebut selayaknya merupakan kemampuan yang
bermanfaat dalam rangka menyiapkan lulusan untuk belajar bahasa Inggris di
tingkat SMP/MTs. Kemampuan yang dimaksud adalah kemampuan berinteraksi dalam
bahasa Inggris untuk menunjang kegiatan kelas dan sekolah.
Pendidikan
bahasa Inggris di SD/MI dimaksudkan untuk mengembangkan kemampuan berbahasa
yang digunakan untuk menyertai tindakan atau language accompanying action.
Bahasa Inggris digunakan untuk interaksi dan bersifat “here and now”.
Topik pembicaraannya berkisar pada hal-hal yang ada dalam konteks situasi.
Untuk mencapai kompetensi ini, peserta didik perlu dipajankan dan dibiasakan
dengan berbagai ragam pasangan bersanding (adjacency pairs) yang
merupakan dasar menuju kemampuan berinteraksi yang lebih kompleks.
B. Tujuan
Mata
Pelajaran Bahasa Inggris di SD/MI bertujuan agar peserta didik memiliki
kemampuan sebagai berikut.
1.
Mengembangkan kompetensi berkomunikasi dalam bentuk lisan secara
terbatas untuk mengiringi tindakan (language accompanying action) dalam
konteks sekolah
2. Memiliki kesadaran tentang hakikat dan
pentingnya bahasa Inggris untuk meningkatkan daya saing bangsa dalam masyarakat
global
C. Ruang Lingkup
Ruang lingkup mata
pelajaran Bahasa Inggris di SD/MI mencakup kemampuan berkomunikasi lisan secara
terbatas dalam konteks sekolah, yang meliputi aspek-aspek sebagai berikut.
1.
Mendengarkan
2.
Berbicara
3.
Membaca
4.
Menulis.
ketrampilan menulis dan
membaca diarahkan untuk menunjang pembelajaran komunikasi lisan.
D. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
Kelas IV, Semester 1
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Mendengarkan
1.
Memahami instruksi sangat sederhana dengan
tindakan dalam konteks kelas
|
1.1
Merespon dengan melakukan tindakan sesuai
instruksi secara berterima dalam konteks kelas
1.2
Merespon instruksi sangat sederhana secara
verbal dalam konteks kelas
|
Berbicara
2.
Mengungkapkan instruksi dan informasi sangat
sederhana dalam konteks kelas
|
2.1 Bercakap-cakap
untuk menyertai tindakan secara berterima yang melibatkan tindak tutur: mengenalkan
diri, memberi salam/sapaan, memberi salam perpisahan,
dan memberi aba-aba
2.2 Bercakap-cakap
untuk meminta/memberi jasa/barang secara berterima yang melibatkan tindak
tutur: meminta bantuan, meminta barang, dan memberi
barang
2.3
Bercakap-cakap untuk meminta/memberi informasi
secara berterima yang melibatkan tindak tutur: berterima
kasih, meminta maaf, memberi maaf, melarang,
memuji, dan mengajak
2.4 Mengungkapkan
kesantunan secara berterima yang melibatkan ungkapan: thank you, sorry, please,
dan excuse me
|
Membaca
3
Memahami tulisan bahasa Inggris sangat
sederhana dalam konteks kelas
|
3.1
Membaca nyaring dengan melafalkan alfabet dan ucapan
yang tepat yang melibatkan kata, frasa, dan kalimat sangat sederhana
3.2
Memahami kalimat dan
pesan tertulis sangat sederhana
|
Menulis
4
Mengeja dan menyalin tulisan bahasa Inggris
sangat sederhana dalam konteks kelas
|
4.1
Mengeja ujaran bahasa Inggris sangat
sederhana secara tepat dan berterima
dengan tanda baca yang benar yang melibatkan kata, frasa, dan kalimat sangat
sederhana
4.2 Menyalin tulisan
bahasa Inggris sangat sederhana secara
tepat dan berterima seperti: ucapan selamat dan pesan tertulis
|
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa
hormat dan perhatian ( respect )
Tekun (
diligence )
Tanggung
jawab ( responsibility )
Berani
( courage )
|
Kelas IV, Semester 2
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Mendengarkan
|
5.1
Merespon dengan melakukan tindakan sesuai dengan
instruksi secara berterima dalam konteks kelas dan dalam berbagai permainan
5.2
Merespon instruksi sangat sederhana secara
verbal
|
Berbicara
|
6.1 Menirukan ujaran
dalam ungkapan sangat sederhana secara berterima
6.2 Bercakap-cakap untuk menyertai tindakan secara berterima
yang melibatkan tindak tutur: memberi contoh melakukan sesuatu dan memberi
aba-aba
6.3 Bercakap-cakap
untuk meminta/memberi jasa/barang secara berterima yang melibatkan tindak
tutur: meminta bantuan, meminta barang, memberi
barang
6.4 Bercakap-cakap
untuk meminta/memberi informasi secara berterima yang melibatkan tindak
tutur: meminta ijin, memberi ijin, menyetujui, tidak
menyetujui, menyangkal, dan meminta
kejelasan
6.5 Mengungkapkan kesantunan secara berterima
yang melibatkan ungkapan: thank you, sorry, please, dan excuse me
|
Membaca
|
7.1
Membaca nyaring dengan ucapan yang tepat dan
berterima yang melibatkan: kata, frasa, dan kalimat sangat sederhana
7.2
Memahami kalimat dan pesan tertulis
sangat sederhana
|
Menulis
|
8.1
Mengeja ujaran bahasa Inggris sangat sederhana
secara tepat dan berterima dengan tanda baca yang benar yang melibatkan: kata,
frasa, dan kalimat sangat sederhana
8.2 Menyalin tulisan
bahasa Inggris sangat sederhana secara
tepat dan berterima seperti ucapan selamat dan
pesan tertulis
|
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa
hormat dan perhatian ( respect )
Tekun (
diligence )
Tanggung
jawab ( responsibility )
Berani
( courage )
|
Kelas V, Semester 1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Mendengarkan
1.
Memahami instruksi sangat sederhana dengan
tindakan dalam konteks sekolah
|
1.1
Merespon instruksi sangat sederhana dengan
tindakan secara berterima dalam konteks kelas dan sekolah
1.2
Merespon instruksi sangat sederhana secara
verbal
|
Berbicara
2.
Mengungkapkan instruksi dan informasi sangat
sederhana dalam konteks sekolah
|
2.1 Bercakap-cakap
untuk menyertai tindakan secara berterima yang melibatkan tindak tutur: memberi
contoh melakukan sesuatu, memberi aba-aba, dan memberi
petunjuk
2.2 Bercakap-cakap
untuk meminta/memberi jasa/barang secara berterima yang melibatkan tindak
tutur: meminta bantuan, memberi bantuan, meminta
barang, dan memberi barang
2.3 Bercakap-cakap
untuk meminta/memberi informasi secara berterima yang melibatkan tindak
tutur: mengenalkan diri, mengajak, meminta ijin, memberi
ijin, menyetujui, tidak menyetujui, dan melarang
2.4 Mengungkapkan kesantunan secara berterima
yang melibatkan ungkapan: Do you mind … dan Shall we …
|
Membaca
3.
Memahami
tulisan bahasa Inggris dan teks deskriptif bergambar sangat sederhana dalam
konteks sekolah
|
3.1
Membaca nyaring dengan ucapan, tekanan, dan
intonasi secara tepat dan berterima yang melibatkan: kata, frasa, dan kalimat
sangat sederhana
3.2
Memahami kalimat, pesan tertulis dan teks
deskriptif bergambar sangat sederhana secara tepat dan berterima
|
Menulis
4.
Mengeja dan menyalin kalimat sangat sederhana
dalam konteks sekolah
|
4.1
Mengeja kalimat sangat sederhana secara tepat
dan berterima
4.2
Menyalin dan menulis kalimat sangat sederhana
secara tepat dan berterima seperti: ucapan selamat, ucapan
terima kasih, dan undangan
|
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa
hormat dan perhatian ( respect )
Tekun (
diligence )
Tanggung
jawab ( responsibility )
Berani
( courage )
|
Kelas V, Semester 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Mendengarkan
5.
Memahami instruksi sangat sederhana dengan
tindakan dalam konteks sekolah
|
5.1
Merespon instruksi sangat sederhana dengan
tindakan secara berterima dalam konteks sekolah
5.2
Merespon instruksi sangat sederhana secara
verbal
|
Berbicara
6.
Mengungkapkan instruksi dan informasi sangat
sederhana dalam konteks sekolah
|
6.1 Bercakap-cakap
untuk menyertai tindakan secara berterima yang melibatkan tindak tutur: memberi contoh melakukan sesuatu, memberi aba-aba, dan memberi petunjuk
6.2 Bercakap-cakap
untuk meminta/memberi jasa/barang secara berterima yang melibatkan tindak
tutur: meminta bantuan, memberi bantuan, meminta
barang, dan memberi barang
6.3 Bercakap-cakap
untuk meminta/memberi informasi secara berterima yang melibatkan tindak
tutur: memberi informasi, memberi pendapat, dan meminta kejelasan
6.4
Mengungkapkan kesantunan secara berterima yang
melibatkan ungkapan: do you mind ... dan Shall we ...
|
Membaca
7.
Memahami tulisan bahasa Inggris sangat sederhana
dalam konteks sekolah
|
7.1
Membaca nyaring dengan ucapan, tekanan, dan
intonasi secara tepat dan berterima
yang melibatkan: kata, frasa, kalimat sangat sederhana, dan teks
sangat sederhana
7.2
Memahami kalimat, pesan tertulis dan teks
deskriptif bergambar sangat sederhana secara tepat dan berterima
|
Menulis
8.
Mengeja dan menyalin kalimat sangat sederhana
dalam konteks sekolah
|
8.1
Mengeja kalimat sangat sederhana secara tepat
dan berterima
8.2 Menyalin dan
menulis kalimat sangat sederhana secara tepat dan berterima dengan tanda baca
yang tepat seperti: ucapan selamat, ucapan terima
kasih, dan ucapan simpati
|
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa
hormat dan perhatian ( respect )
Tekun (
diligence )
Tanggung
jawab ( responsibility )
Berani
( courage )
|
Kelas VI, Semester 1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Mendengarkan
1.
Memahami instruksi dan informasi sangat sederhana baik secara
tindakan maupun bahasa dalam konteks
sekitar peserta didik
|
1.1
Merespon instruksi sangat sederhana dengan
tindakan secara berterima dalam kegiatan di dalam dan luar kelas
1.2
Merespon instruksi sangat sederhana dengan
tindakan secara berterima dalam berbagai permainan
1.3
Memahami cerita lisan secara berterima dengan
bantuan gambar
|
Berbicara
2.
Mengungkapkan instruksi dan informasi sangat
sederhana dalam konteks sekitar peserta didik
|
2.1 Bercakap-cakap
untuk menyertai tindakan secara berterima yang melibatkan tindak tutur: memberi
contoh melakukan sesuatu, memberi aba-aba, dan memberi petunjuk
2.2 Bercakap-cakap
untuk meminta/memberi jasa/barang secara berterima yang melibatkan tindak
tutur: meminta bantuan, memberi bantuan, meminta
barang, dan memberi barang
2.3 Bercakap-cakap
untuk meminta/memberi informasi secara berterima yang melibatkan tindak
tutur: mengingatkan, menyatakan suka / tidak suka, menanyakan jumlah, menanyakan keadaan, memberi komentar, memberi
pendapat, dan mengusulkan
2.4
Mengungkapkan kesantunan secara berterima yang
melibatkan ungkapan:Would you plese ... dan May I ...
|
Membaca
3.
Memahami teks
fungsional pendek dan deskriptif bergambar sangat sederhana dalam
konteks sekitar peserta didik
|
3.1
Membaca nyaring teks fungsional pendek sangat
sederhana dengan ucapan dan intonasi yang tepat dan berterima
3.2
Memahami teks deskriptif bergambar sangat
sederhana dalam konteks sekitar peserta didik
|
Menulis
4.
Menulis
teks fungsional pendek sangat sederhana dalam konteks sekitar peserta
didik
|
4.1
Menulis teks fungsional pendek sangat sederhana
secara berterima
4.2
Menulis kartu-kartu ucapan sangat sederhana
secara berterima
|
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa
hormat dan perhatian ( respect )
Tekun (
diligence )
Tanggung
jawab ( responsibility )
Berani
( courage )
|
Kelas VI, Semester 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Mendengarkan
5.
Memahami instruksi dan informasi sangat sederhana baik dengan
tindakan maupun bahasa dalam
konteks sekitar peserta didik
|
5.1 Merespon instruksi dan informasi sangat sederhana baik dengan
tindakan maupun bahasa secara berterima di dalam dan luar kelas
5.2 Merespon instruksi dan informasi sangat sederhana baik dengan
tindakan maupun bahasa secara berterima dalam berbagai permainan
5.3
Memahami cerita lisan sangat sederhana dengan
bantuan gambar
|
Berbicara
6.
Mengungkapkan instruksi dan informasi sangat
sederhana dalam konteks sekitar
peserta didik
|
6.1
Bercakap-cakap untuk menyertai tindakan secara
berterima yang melibatkan tindak tutu: memberi contoh melakukan sesuatu, memberi
aba-aba, dan memberi petunjuk
6.2 Bercakap-cakap
untuk meminta/memberi jasa/barang secara berterima yang melibatkan tindak
tutu: meminta bantuan, memberi bantuan, meminta
barang, dan memberi barang
6.3 Bercakap-cakap
untuk meminta/memberi informasi secara berterima yang melibatkan tindak tutur:
mengungkapkan perasaan, merespon ungkapan, mengungkapkan
keraguan, menanyakan, dan meminta kejelasan
6.4
Mengungkapkan kesantunan secara berterima yang
melibatkan ungkapa: Would you please ... dan May I ...
|
Membaca
7.
Memahami teks
fungsional pendek dan deskriptif bergambar sangat sederhana dalam
konteks sekitar peserta didik
|
7.1
Membaca nyaring teks fungsional pendek sangat
sederhana dengan ucapan dan intonasi yang tepat dan berterima
7.2
Memahami teks deskriptif bergambar sangat
sederhana dalam konteks sekitar peserta didik
7.3
Memahami teks naratif bergambar sangat sederhana
|
Menulis
8.
Menulis
teks fungsional pendek sangat sederhana dalam konteks sekitar peserta
didik
|
8.1 Menulis teks
fungsional pendek sangat sederhana secara berterima dalam konteks sekitar
peserta didik
8.2
Menulis kartu-kartu ucapan sederhana secara
berterima
|
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa
hormat dan perhatian ( respect )
Tekun (
diligence )
Tanggung
jawab ( responsibility )
Berani
( courage )
|
E. Arah
Pengembangan
Standar kompetensi dan kompetensi dasar menjadi arah dan landasan
untuk mengembangkan materi pokok, kegiatan pembelajaran, dan indikator
pencapaian kompetensi untuk penilaian. Dalam merancang kegiatan pembelajaran
dan penilaian perlu memperhatikan Standar Proses dan Standar Penilaian.
0 Response to "CONTOH SKKD BAHASA INGGRIS"
Posting Komentar